REKRUTMEN CPNS 2007 OLEH TIGA DEPARTEMEN

(PENDIDIKAN, HUKUM DAN AGAMA)

JAKARTA – Musim berburu profesi pamong praja segera dimulai. Pada Mei-Juni mendatang, tiga departemen akan melakukan seleksi untuk merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Taufiq Effendy mengatakan, Kementerian PAN telah menyetujui permintaan alokasi CPNS 2007 dari Departemen Agama, Departemen Pendidikan Nasional, dan Departemen Hukum dan HAM.”Mayoritas formasi yang kita setujui bersifat teknis, bukan tenaga administratif. Depkumham minta sipir kita beri, Depdiknas minta guru juga kita setujui. Mei mereka akan mulai melakukan rekrutmen (CPNS),” ujarnya.Khusus untuk Diknas, Kementerian PAN telah menyetujui formasi guru. Selain merekrut guru yang berasal dari tenaga kontrak, Depdiknas juga akan merekrut tenaga kependidikan yang berasal dari pelamar umum. “Angkanya saya lupa, tapi alokasi guru untuk pelamar umum sekitar 30 persen,” ungkap Taufiq.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, rekrutmen CPNS di tiga departemen akan dilakukan secara internal oleh departemen yang bersangkutan.
Biro SDM departemen hanya berpedoman pada alokasi CPNS yang diterbitkan Badan Kepegawaian Negara (BKN).”Mulai tahun ini seleksi nasional tidak ada lagi. Mekanismenya, masing-masing instansi dan daerah mengajukan alokasi berdasar kebutuhan setiap instansi dan dilaksanakan mereka sendiri,” kata pensiunan jenderal bintang satu Polri ini.Tahun ini, mekanisme rekrutmen CPNS per departemen telah mulai dilaksanakan Departemen Luar Negeri dan Departemen Kesehatan. Dalam rekrutmen diplomat (Pejabat Dinas Luar Negeri), Deplu telah melaksanakan secara internal. “Mereka selanjutnya mengikuti pendidikan calon diplomat yang juga diselenggarakan sendiri oleh Deplu,” terang menteri asal Partai Demokrat ini.Sementara itu, pada Mei mendatang, Departemen Pendidikan Nasional akan membuka lowongan untuk beberapa posisi. Yakni, guru, dosen, tenaga administrasi sekolah, laboran, dan pustakawan. Namun, menurut Juru Bicara Depdiknas Bambang Wasito Adi, porsi terbesar tetap diberikan untuk posisi guru. “Prioritas kami mulai Mei adalah mengangkat 200 ribu guru honorer, tapi sayangnya berdasarkan seleksi awal per kabupaten, guru honorer yang memenuhi syarat hanya sekitar 106 ribu orang,” ujarnya ketika dihubungi kemarin.Syarat yang dia maksud adalah syarat minimal telah menempuh S1, berusia maksimal 45 tahun, dan minimal masa kerja satu tahun. Lebih jauh dia mengatakan, bila tenaga honorer masih belum mencukupi kuota yang dibutuhkan, maka pemerintah akan membuka lowongan untuk kalangan nonguru honorer. “Tapi, saat ini PP nomer 48 tahun 2005 sedang diperlonggar agar tenaga honorer makin banyak yang terjaring seleksi guru CPNS,” ujar Bambang. (noe/nue)

Sumber jawa pos, 22 April 2007

Berikut Ini adalah pernak-pernik seputar CPNS 2007, Bagi Teman-2 yang mempunyai informasi tentang CPNS 2007 bisa berbagi dengan yang lain di sini:

1. Untuk mendapatkan Soal-soal Cpns Klik di sini

2. CPNS Kejaksaan Agung Lihat di sini

3. CPNS Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK)

4. CPNS Departemen Luar Negeri (Deplu)

 

8 Responses to

  1. endah retno says:

    please ………..kasih info cpns pendidik.

  2. Widana (Owners) says:

    Terima kasih Dik Retno.
    Pasti saya akan berusaha menampilkan apa-apa yang saya ketahui mengenai CPNS. hanya saja sampai saat ini saya baru punya ini.
    Oh ya saya juga ada beberapa tes cpns bagian umum yang belum saya up load. dekat-dekat ini akan saya up load.
    Saya juga S.Pd lho jadi kita senasib.

  3. azizahtn says:

    saya SI ekonomi Islam kira-kira blh ga ya ikutan CPNS?ada yg sesuai dengan jurusan sy ga?trus alamat lengkapnya dimana tuh? Mksh …

  4. Wdana (Owners) says:

    Terimakasih Mbak azizahtn atas pertanyaanya.
    Sepengetahuan saya, pemerintahan sipil negara kita ini memang masih jarang mengangkat administratur ekonmi dari latar blakang spesifik ekonomi islam.
    Tapi coba sajalah mbak, mungkin Departemen Agama, atau Pemda-Pemda yang memiliki perhatian terhadap perkembangan bank syariah.
    Atau kalau tidak ada pada CPNS, mbak bisa mencoba mencari lowongn pekerjaan pada Bank-Bank Syariah yang sekarang jumlahnya udah banyak.
    Selamat berjuang ya, Insya Allah Jalan akan terbuka buat yang mau berusaha.

  5. Ulis says:

    MAs or Mbak Tolong Donk kasih Informasi CPNS Departemen Perikanan Dan Kelautan RI atau LIPI..
    Q butuh Banget nie…
    Q tunggu infonya ya..
    TKS

  6. Widana (Owner) says:

    Waduh sayang sekali mbak Ulis. setahu saya CPNS untuk LIPI saat ini sudah tutup. bahkan mungkin udah pengumuman penerimaan. informasi terakhir yang saya miliki, mereka telah melakukan penerimaan CPNS tahun ini bulan mei kemarin.
    Kalau masalah departemen kelautan, maaf sekali saya tidak punya informasinya, namun biasanya untuk departemen yang memiliki banyak dinas di daerah-daerah sepeprti Departemen kelautan, penerimaan CPNS-nya barengan dengan penerimaan CPNS daerah. Sekali lagi maaf ya mbak.

  7. Sai says:

    mohon info kepada sapa saja dech…….. penerimaan cpns bwat tahun 2007 dah di mulai atau lom sich………. kasih tau donk…..
    Thanz….be 4

  8. Terimakasih Dani, karena telah ikut nimbrung pada Trihastatik79.Wordpress.com.
    Sepengetahuan saya bukaan CPNS tahun ini untuk pegawae daerah belum dilaksanakan, sedangkan untuk lIPI dan beberapa instansi pusat telah dilakukan beberapa bulan lalu. Yah Beginilah kondisi Inodnesia, Tidak ada yang bisa dipegang, padahal info tentang Bukaan CPNS di Bulan Agustus saya dapat dari situs resmi dan kutipan dari omongan menteri.

    Mohon maaf jika Dani menganggap saya telah emmberi informasi salah. Tetapi tunggu saja ya, dan tetap atension di Trihastatik79.wordpress.com, saya pasti akans elalu meng-update info terbaru.

    Selamat berjuang Dani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: